Rangkuman Data Struktur – Pertemuan 2 (Guest Lecturer)

Pembicara : Pak bong effendi

Rangkuman :

Big Data : Sebuah inovasi yang jika langsung diartikan dari katanya adalah sebuah data yang besar , yang diperoleh dari aktivitas aktivitas di internet, yang nantinya akan diolah untuk dapat digunakan seperti melakukan pengecekan hal yang spesifik yang ingin didapatkan oleh pengelola big data.

Arduino : Sebuah alat elektronika (hardware) dan software dari perusahaan yang bertempat di USA  yang bersifat open source yang memiliki banyak fungsi. Arduino diciptakan mudah untuk digunakan oleh berbagai kalangan seperti untuk pembelajaran robotik di sekolah , dll. Salah satu contoh kegunaan arduino adalah untuk menciptakan mini robot , karena memiliki kemampuan untuk menerima input dari berbagai sensor seperti sensor cahaya , gerakan , getaran , panas , dan lain lain.

Raspberry Pi : Single board computer yang berukuran hanya sebesar kartu kredit. Tujuan pembuatan raspberry pi ini adalah untuk mengajarkan teknologi kepada siswa sekolah sejak awal. Didalam raspberry pi sudah terdapat processor , gpu , dan ram , dan sudah memiliki interface usb dan hdmi yang dapat langsung disambungkan ke layar. Karena itu raspberry pi dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti browsing , bahkan memutar film HD karena raspberry pi sudah menggunakan HDMI sebagai interfacenya.

LaTex : Merupakan bahasa markup word processing (bukan word processing sebenarnya) dimana kita dapat membuat suatu tipe file yang kita inginkan tanpa perlu memusingkan tentang desainnya . dapat membuat text menjadi bold , italic , bahkan membuat operasi matematika sehingga tipe datanya berbeda dengan yang murni adalah text.

Cloud : Merupakan suatu sistem / metode dimana pengguna pc maupun alat elektronik yang dapat terhubung ke internet seperti HP dapat menyimpan filenya di internet / tidak menyimpan di harddisk. Sistem ini dapat memperkecil kemugkinan rusaknya file didalam harddisk karena penyedia layanan cloud pasti memiliki lebih dari 1 server khusus yang seperti server untuk backup sedangkan jika menyimpan file didalam harddisk maka tidak ada backup. Keuntungan memakai metode cloud ini adalah lebih portable , dapat digunakan berpindah pindah perangkat elektronik , sedangkan kerugiannya adalah harus mengupload-download yang akan menghabiskan bandwith.

Internet of things : suatu konsep bahwa internet dapat menjadi interface untuk mengendalikan sebuah perangkat bahkan hingga sebuah barang (things) yang terhubung ke jaringan. Dibantu dengan artificial yang baik dapat menjadikan internet of things berkembang sangat pesat seperti smart home , dll.

Augmented reality : jika langsung diterjemahkan artinya realitas tertambah yang merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata , lalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata. Augmented reality tidak menambahkan benda maya langsung ke dunia nyata melainkan hanya sekedar menambahkan objek saat pengguna menggunakan interfacenya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *